1. Kepanjangan dari: KRS, PKRS, DHMD, DPNA, KKS, DPM, KPU, KSM, KPA, Paus ID

    Jawab:
    KRS - Kartu Rencana Studi
    PKRS - Perubahan Kartu Rencana Studi
    DHMD - Daftar Hadir Mahasiswa Dosen
    KKS - Kartu Kemajuan Studi
    DPM - Daftar Prestasi Mahasiswa
    KPU - Kartu Peserta Ujian
    KSM - Kartu Studi Mahasiswa
    KPA - Kartu Prestasi Akademik
    Paus ID - Padjadjaran Authtentication System Identifycation
  2. Website KRS Online

    Jawab:
  3. Tata cara pengisian KRS Online

    Jawab:
    1. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat administratif/ berstatus aktif pada semester yang sedang berjalan.
    2. Mengakses http://students.unpad.ac.id/ dengan menggunakan Paus ID untuk login.
  4. Tata cara pembuatan paus ID

    Jawab:
    Untuk mendapatkan PAUS ID Anda dapat melakukan registrasi di http://paus.unpad.ac.id atau masuk ke www.unpad.ac.id "PAuS Login".
  5. Setelah mengisi KRS Online apakah harus mengisi KRS secara manual?

    Jawab:
    Pengisian KRS hanya dilakukan secara Online.
  6. Mulai kapan mahasiswa dapat mengisi KRS Online?

    Jawab:
    Mahasiswa dapat mengisi KRS Online semester Genap 2011/2012 setelah melakukan pembayaran semester untuk program Sarjana dan Diploma pada tanggal 30 Januari - 10 Februari 2012. Sedangkan untuk mahasiswa Profesi, Spesialis dan Pascasarjana pada tanggal 6 Februari - 17 Februari 2012.
  7. Apakah mahasiswa masih harus bertemu dosen wali?

    Jawab:
    Terkait dengan teknis perwalian, dapat menghubungi fakultas atau program studi yang bersangkutan.
  8. Bagaimana cek nomor tagihan untuk pembayaran ke bank?

    Jawab:
    Silakan cek melalui http://students.unpad.ac.id/ dengan memilih menu "informasi tagihan".
  9. Bagaimana ketentuan untuk mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan belajar-mengajar pada Semester I dan/ atau Semester II?

    Jawab:
    Mahasiswa yang telah mendaftarkan secara administratif pada Semester I dan/ atau Semester II , baik mengisi KRS tetapi tidak mengikuti kegiatan belajar-mengajar maupun sama sekali tidak mengisi KRS, tanpa alasan yang dapat dibenarkan, dianggap mengundurkan diri dan dikenai sanksi pemutusan studi.
  10. Bagaimana dengan mahasiswa yang tidak mengisi KRS Online?

    Jawab:
    Mahasiswa yang telah mendaftarkan atau mendaftarkan kembali secara administratif, tetapi tidak mengisi KRS (tidak mengikuti belajar-mengajar) tanpa alasan yang dapat dibenarkan, dikenakan sanksi berikut:
    • - Diberi peringatan keras secara tertulis oleh Pembantu Dekan I agar tidak mengulangi lagi;
    • - Semester yang ditinggalkan diperhitungkan dalam batas waktu maksimal penyelesaian studinya;
    • - Apabila perbuatan ini diulangi lagi, baik pada semester berikutnya maupun pada semester lain, mahasiswa dikenai sanksi pemutusan studi.
  11. Bagaimana mahasiswa mengetahui status pembayaran?

    Jawab:
    Status pembayaran dapat di cek di http://students.unpad.ac.id/
  12. Nomor kontak setiap fakultas + Program Pascasarjana

    Jawab:

    NO

    FAKULTAS D3/D4 S1 S1 Asal D3

    1

    F.Hukum   022-2503271 ext.137  

    2

    F. Ekonomi Bisnis 022-2509522 022-2509055  

    3

    F. MIPA 022-4218676 / 2507874 022-7797712  

    4

    F. Kedokteran 022-2510345 / 4267689 022-77966373 / 7795594  

    5

    F.Pertanian   022-7796316  

    6

    F. Kedokteran Gigi   022-7794120  

    7

    F. ISIP 022-2504586 022-7796416 / 7798418 022-2509216

    8

    F. Sastra/ (Ilmu Budaya) 022-7796482 022-7796482  

    9

    F. Psikologi   022-7794126  

    10

    F. Peternakan   022-7798241  

    11

    F. Komunikasi 022-7796954 ext.117-118 022-7796954 022-2503851

    12

    F. Ilmu Keperawatan   022-7795596  

    13

    F. PIK   022-7797763  

    14

    F. TIP   022-7798844  

    15

    F. Farmasi   022-7796200  

    16

    F. Teknik Geologi   022-7796545  

    17

    Pascasarjana   022-2504970  
  13. Nomor kontak Helpdesk

    Jawab:
    • Telepon : 022-84288866
    • Pin : 287788D2
    • YM : krs.online
    • Email : krs.online@yahoo.com
    • Facebook : krs Unpad
    • Twitter : @krsunpad
  14. Bagaimana kalau saya lupa Paus ID dan password?

    Jawab:

    Apabila Anda lupa/melakukan reset password atau user PAUS ID, silahkan masuk ke http://paus.unpad.ac.id/lupa_password atau Anda dapat mengirimkan email ke http://studentsupport@unpad.ac.id/ dengan melampirkan :

    • - Nama lengkap;
    • - Nomor NPM;
    • - Tangggal lahir;
    • - Serta Keterangan error yang Anda alami.

    Anda juga datang langsung ke HELPDESK DCISTEM dengan membawa Kartu TAnda Mahasiswa (KTM) bagi mahasiswa. Untuk staf dan dosen bisa mengirimkan email melalui "support.unpad.ac.id" bagi Staf dan Dosen. Apabila Anda mengirimkan keluhan melalui email , kami akan mengirimkan user PAUS ID Anda melalui alamat email yang sudah Anda berikan, dengan catatan Anda melampirkan :

    • - Nama lengkap;
    • - NIP/NPM;
    • - Tempat dan tanggal lahir;
    • - Divisi/Fakultas tempat Anda terdaftar saat ini;
    • - Nomor telp (HP);
    • - Alamat Email.
  15. Haruskah melapor ke fakultas jika sudah melakukan pembayaran?

    Jawab:
    Tidak perlu, jika sudah melakukan pembayaran mahasiswa dapat langsung mengisi KRS secara Online.
  16. Apakah fakultas akan mengeluarkan jadwal perwalian?

    Jawab:
    Terkait dengan jadwal perwalian silakan hubungi fakultas atau program studi yang bersangkutan.
  17. Bagaimana cara konfirmasi apabila terdapat perbedaan dalam nilai?

    Jawab:
    Silakan lapor ke SBA/Program studi yang bersangkutan.
  18. Dimana helpdesk berada?

    Jawab:
    Helpdesk akan tersedia di masing-masing fakultas, selain itu helpdesk universitas terdapat di Gedung Rektorat Jatinangor, ruang Humas (lantai 1).
  19. Apa persyaratan untuk mengisi KRS Online?

    Jawab:
    Mahasiswa yang telah melakukan herregistrasi administratif.
  20. Rentang IPK dan jumlah SKS maksimum yang boleh diambil mahasiswa Program Sarjana dan Diploma 3 pada semester berikutnya:

    Jawab:
    Rentang IPK Jumlah SKS Maksimum
    3,00 – 4,00 24
    2,50 – 2,99 21
    2,00 – 2,49 18
    1,50 – 1,99 15
    < 1,50 <12
  1. Siapa yang wajib melakukan herregistrasi?

    Jawab:
    Mahasiswa mulai tahun 2011/2012 dan masih memenuhi syarat administratif sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran yang akan melanjutkan studi pada semester genap tahun akademik 2011/2012, baik program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, maupun Doktor.
  2. Kapan jadwal herregistrasi semester genap untuk program S1 dan Diploma?

    Jawab:
    Tanggal 30 Januari - 10 Februari 2012
  3. Kapan jadwal herregistrasi semester genap untuk program Pascasarjana, Profesi dan Spesialis?

    Jawab:
    Tanggal 6 Februari - 17 Februari 2012
  4. Bagaimana cara mengetahui jumlah tagihan?

    Jawab:
    Dengan mengakses http://students.unpad.ac.id/
  5. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank mana saja dan layanan yag digunakan apa saja?

    Jawab:
    BANK LAYANAN
    BNI Teller, ATM, dan Internet Banking
    BRI Teller
    Bank MANDIRI Teller, ATM, dan Internet Banking
  6. Bagaimana apabila terjadi perbedaan jumlah tagihan?

    Jawab:
    Perbedaan pada jumlah tagihan dapat menghubungi Bagian Keuangan Pusat Gedung Rektorat Jatinangor lantai 1, dengan membawa surat pengantar dari Pembantu Dekan II fakultas.
  7. Bagaimana cara mendapatkan stiker tAnda pengaktifan status mahasiswa pada KTM?

    Jawab:
    Dengan menunjukkan bukti herregistrasi/ pembayaran administratif ke Sub Bagian Pendidikan (SBP) di fakultas.
  8. Bagaimana jika tidak melakukan herregistrasi?

    Jawab:
    1. Bagi mahasiswa yang tidak melaksanakan herregistrasi pada Semester Genap tahun akademik 2011/2012 sampai dengan batas akhir waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak melakukan herregistrasi pada semester Genap tahun akademik 2011/2012 (Kelalaian Administrasi), sehingga tidak memenuhi syarat untuk melaksanakan pendaftaran akademik di fakultas dan pengisian KRS Online, serta tidak berhak mendapatkan layanan akademik pada Semester Genap tahun akademik 2011/2012, Bab III butir C point 1 (d), halaman 17;
    2. Bagi mahasiswa yang melalaikan kewajiban registrasi/pendaftaran administratif/keuangan untuk satu semester herregistrasinya diakumulasikan pada Semester Ganjil tahun akademik 2012/2013 setelah mendapat persetujuan tertulis dari Pembantu Rektor Bidang Akademik a.n . Rektor;
    3. Bagi mahasiswa yang melalaikan kewajiban registrasi/pendaftaran Administratif/keuangan lebih dari satu semester disarankan untuk mengundurkan diri sebelum mendapatkan sanksi Surat Pemutusan Studi karena Kelalaian Administratif (Buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Padjadjaran Tahun Akademik 2011/2012 Bab V point C (5), halaman 50.
  9. Bagaimana untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa?

    Jawab:
    Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa atau mahasiswa yang mendapatkan dispensasi biaya pendidikan serta mahasiswa yang cuti akademik wajib melakukan konfirmasi status kemahasiswaan ke Bagian Registrasi dan Statistik Biro Administrasi Akademik dengan menunjukkan SK Beasiswa/SK Dispensasi/SK cuti mahasiswa yang bersangkutan.
  10. Bagaimana dengan mahasiswa yang telah lulus tetapi belum mengikuti wisuda?

    Jawab:
    Bagi mahasiswa program Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana dan Diploma yang telah dinyatakan lulus sebelum tanggal 17 Januari 2012 dan belum mengikuti prosesi wisuda diwajbkan herregistrasi administratif atau mendaftar ulang dengan menggunakan bukti kelulusan melalui fakultas masing-masing.
  11. Bagaimana cara cek status kemahasiswaannya?

    Jawab:
    Bagi seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan registrasi/pendaftaran administratif/keuangan dapat memeriksa status kemahasiswannya di portal http://students.unpad.ac.id/ bila terjadi kesalahan dapat melakukan konfirmasi ke Bagian Registrasi Biro Administrasi Akademik melalui fakultas masing-masing.

A. AKTIFASI PAUS ID

  1. Apa itu PAUS ID ?

    Jawab :
    PAUS ID adalah "Padjadjaran Authtentication System Identifycation" atau Identitas untuk menggunakan fasilitas hotspot di area Unpad dengan SSID (nama hotspots) 'unpadhotspot baru' atau portal hotspot lainnya yang dapat menggunakan PAUS ID.
  2. Apa saja fungsi PAUS ID ?

    Jawab :
    PAUS ID adalah portal Anda untuk mendapatkan akses internet , fasilitas TIK, serta informasi seputar akademika di area Unpad.
  3. Portal dan akses akademika apa saja yang didapatkan dengan PAUS ID ?

    Jawab :
    Dengan memiliki PAUS ID Anda bisa mendapatkan :
    1. Akses internet.
    2. Informasi teraktual seputar Universitas Padjadjaran
    3. Akses portal http://students.unpad.ac.id/ yang memiliki :
      • - Akses Update Biodata;
      • - Informasi Registrasi;
      • - Informasi Heregistrasi;
      • - Pendaftaran SAT (Semester Alih Tahun);
      • - Pendafataran KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa);
      • - Pendaftaran WISUDA, dan;
      • - Aktifitas Akademika yang berisi, Perwalian, KRS, KHS, Daftar Nilai Sementara, Kurikulum (masih dalam pengembangan).
      • - Transkip Nilai Akademik;
      • - Kartu Kemajuan Studi;
      • - Kartu Rencana Studi;
      • - Status Heregistrasi;
      • - Permohonan dan pembuatan blogs.unpad.ac.id;
      • - Dan informasi lainnya.
  4. Dimana saya bisa mendapatkan PAUS ID ?

    Jawab :
    Untuk mendapatkan PAUS ID Anda dapat melakukan registrasi di http://paus.unpad.ac.id atau masuk ke www.unpad.ac.id "PAuS Login".
  5. Persyaratan apa saja untuk mendapatkan PAUS ID ?

    Jawab :
    Untuk mendapatkan PAUS ID Anda harus sudah tercatat sebagai salah satu akademika Universitas Padjadjaran (staf, dosen dan mahasiswa) yang sudah tercatat di masing-masing divisi dan fakultas terkait (untuk staf dan dosen). Untuk mahasiswa diwajibkan sudah memiliki Kartu TAnda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.
  6. Apakah ada cara lain untuk mendapatkan PAUS ID ?

    Jawab :
    Untuk pendapatkan PAUS ID bagi mahasiswa, Anda bisa datang langsung ke Helpdesk DCISTEM dengan membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku, terkecuali untuk Staf dan Dosen Anda dapat mengirimkan permohonan pembuatan dan pengaktifasian PAUS ID melalui Email support@unpad.ac.id dengan melampirkan :
    • Nama lengkap;
    • Nomor Induk Pegawai (NIP);
    • Tempat dan tanggal lahir;
    • Divisi/Fakultas tempat Anda bekerja saat ini;
    • Nomor telepon (HP);
    • Alamat Email.
  7. Bagaimana apabila user dan password PAUS ID yang sudah saya miliki digunakan oleh orang lain dengan atau tanpa sepengetahuan saya sebagai pemilik Sah Account tersebut ?

    Jawab :
    Untuk Account user dan password PAUS ID yang sudah Anda miliki dalam kenyataannya digunakan oleh orang lain dengan atau tanpa sepengetahuan Anda, segala bentuk pertanggung jawaban adalah Sah milik Anda apabila diketahui Account user dan password PAUS ID tersebut dipergunakan untuk kejahatan (hakking, penelusuran situs-situs di luar kepentingan akademika Unpad) bukan untuk kepentingan akademika Universitas Padjadjaran. Account user dan pasword tersebut akan di-block dan dihapus yang secara otomatis Anda tidak akan diberikan kembali akses internet didalam area Universitas Padjadjaran yang dalam konteksnya hal tersebut akan mengganggu civitas akademika Anda di Universitas Padjadjaran dan tidak menutup kemungkinan pemutusan waktu kuliah Anda (DO).
  8. Apa yang harus saya lakukan apabila PAUS ID saya digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan saya ?

    Jawab :
    Apabila Anda sudah mengetahui PAUS ID Anda digunakan oleh orang lain, segera melapor/datang langsung ke HELPDESK DCISTEM untuk melakukan blocking terhadap PAUS ID yang sudah Anda miliki.

B. LUPA/RESET/Merubah PASSWORD PAUS ID

  1. Bagaimana kalo saya lupa/reset password PAUS ID ?

    Jawab :
    Apabila Anda lupa/mereset password atau user PAUS ID, silahkan masuk ke http://paus.unpad.ac.id/lupa_password atau Anda dapat mengirimkan email ke studentsupport@unpad.ac.id dengan melampirkan :
    • Nama lengkap;
    • Nomor NPM;
    • Tangggal lahir;
    • Serta Keterangan error yang Anda alami.

    Anda juga datang langsung ke Helpdesk DCISTEM dengan membawa Kartu TAnda Mahasiswa (KTM) bagi mahasiswa. Untuk staf dan dosen bisa mengirimkan email melalui "support.unpad.ac.id" bagi Staf dan Dosen. Apabila Anda mengirimkan keluhan melalui email , kami akan mengirimkan user PAUS ID Anda melalui alamat email yang sudah Anda berikan, dengan catatan Anda melampirkan :

    • Nama lengkap;
    • NIP/NPM;
    • Tempat dan tanggal lahir;
    • Divisi/Fakultas tempat Anda terdaftar saat ini;
    • Nomor telp (HP);
    • Alamat Email .
  2. Bagaimana apabila saya ingin merubah password PAUS ID yang sudah saya miliki ?

    Jawab :
    Untuk melakukan reset password dan atau mengedit data registrasi PAuS ID Anda yang sudah ada, Anda bisa lakukan di http://paus.unpad.ac.id dengan memasukan user PAuS ID Anda. Sistem akan mengirimkan link pembuatan password PAuS ID ke email yang sudah Anda masukan pada saat melakukan registrasi PAuS ID.

Alamat kontak :

HELPDESK DCISTEM Gedung 2 Lt.5 Jl. Dipati Ukur No.35, Bandung

Telp : (022) 2503271 Pes : 251

HELPDESK DCISTEM Jl.Raya Jatinagor Km. 21 (Ruang Layanan Terpadu Gd. Rektorat Lt. 1)

Email : studentsupport@unpad.ac.id (untuk mahasiswa), support@unpad.ac.id (untuk staff/dosen)